Profile

Join date: Sep 19, 2022

About

5 Tujuan Gastronomi di Indonesia



Dalam budaya Indonesia, makanan mempunyai ikatan dan jalinan yang kuat dengan ritus dan upacara. Tidak ada upacara tanpa penyuguhan makanan. Itu di turunkan dari angkatan ke angkatan. Narasi kulineran berkaitan dengan narasi dalam masyarakat. Dan rempah-rempah pada makanan sudah jadi riwayat bangsa sepanjang beratus-ratus tahun.


Kesedapan Makanan Khas Indonesia biasanya di turunkan oleh leluhur lewat lisan dan praktek. Walau ada usaha untuk mendokumenkan resep.


Ubud, Bali

Kesedapan kulineran Bali tetap terlindungi secara baik. Mereka setia konsumsi makanan tradisionil yang dibuat dari beberapa bahan lokal yang tumbuh di pulau itu. Sebagai arah khusus pariwisata internasional, masakan tradisionil Bali sudah dicicipi oleh pelancong asing. Selainnya nasi goreng makanan nasional, sate lilit, bebek gurih, babi guling, dan sambal matah sudah jadi merk makanan Bali di kelompok pelancong.


Yogyakarta

Keraton Yogyakarta mempunyai dampak besar dan berperanan penting dalam budaya kulineran Wilayah Spesial Yogyakarta. Rasa dan wujud makanan biasanya menjaga karakter aslinya. Kreasi dan pengembangan diaplikasikan dalam penyuguhan dan pengepakan. Ini supaya makanan ciri khas Yogyakarta seperti gudeg dan tiwul dapat bertahan semakin lama dan dibawa sebagai oleh-olehan oleh pelancong di luar wilayah.


Solo, Jawa tengah

Sama seperti dengan Yogyakarta, Keraton Solo memengaruhi budaya kulinerannya. Tetapi dibanding dengan Yogyakarta, kota ini lebih memprioritaskan ciri-ciri tradisionilnya baik dari sisi rasa atau penyuguhannya. Misalkan, tengkleng dan selat solo (keceriaan yang dikuasai penjajahan Belanda ) ialah favorite pelancong lokal.


Semarang, Jawa tengah

Semarang, ibukota propinsi Jawa tengah yang berada di pinggir pantai, sebagai persilangan budaya di antara Indonesia dengan negara lain. Lumpia Semarang adalah misalnya. Cemilan terkenal yang dibuat dari beberapa bahan lokal dan rempah-rempah berakar pada budaya Cina.


Bandung, Jawa Barat

Bandung, ibukota propinsi Jawa Barat, ialah Kuliner Khas Jakarta dan jadi tren setter. Kota ini dipenuhi dengan beberapa orang yang paling inovatif dalam memproses dan membuat macam kulineran yang selanjutnya jadi trending. Aktor industri inovatif kota minimal dapat hasilkan tiga kulineran baru dalam satu bulan. Umumnya pada mereka ialah wisata kulineran dari makanan tradisionil sampai kontemporer.

Shelly Graves

More actions